Selasa, 07 Februari 2017

Neuropati Mengintai ? Ayo Kita Lawan Bersama-sama Kawan

0

NEUROPATI mungkin adalah hal yang jarang sekali didengar di masyarakat luas. Namun mungkin sudah terjadi bertahun-tahun lalu dengan nama yang berbeda di setiap wilayah. Sebagai contoh kita ambil cerita oranglain, tidak. Sebaiknya cerita yang saya alami sebagai seseorang yang terkena neuropati, pada malam itu saya tidak menyangka akan aktivitas yang dilakukan secara berlebihan membuat tubuh merasakan hal yang tidak biasanya ketika salah satu kaki merasakan tegang yang sungguh-sungguh menyiksa hingga tangan menggengam dengan erat sekali. Nah, seperti itulah neuropati.

Memang penyakit tersebut tidak terlalu serius seperti penyakit jantung ataupun paru-paru. Tapi sebesar penyakit dimulai dari penyakit yang kecil. Maka pertanyaannya sekarang adalah apakah Anda tega untuk mengobati diri Anda karena penyakit yang sudah kronis daripada mencegahnya terkena penyakit tersebut ? Tentu saja semua orang akan menjawab dengan jawaban yang sama yaitu, "TIDAK".

SUDAH SIAP ? #LAWANNEUROPATI

Pertanyaan besar tersebut harus! Iya, ingat wahai sahabat Digt.blogspot.com harus dijawab dengan baik setelah membaca beberapa penjelasan singkat di bawah ini tentang neuropati dan juga hal-hal yang berhubungan dengan penyakit tersebut sehingga Anda bisa menjawab dengan tegas pertanyaan di atas.

Apa itu Neuropati ?
Menurut pengertian yang dikutip dari sarafsehat.com yang menuliskan Neuropati merupakan istilah untuk kerusakan saraf yang ada di seluruh tubuh. 
Cukup singkat pengertian dari Neuropati tersebut. Akan tetapi ternyata hal ini mengejutkan dunia bahwa masih banyak belum tahu hal yang sering terjadi tersebut dikatakan neuropati. Kenapa hal itu bisa dikatakan "Mengejutkan?" Karena sudah dilakukan penelitian dengan riset yang dilakukan kerjasama dengan MarkPlus Insight (2014) dengan responden di 6 kota besar, 90% masyarakat Indonesia tidak tahu apa itu neuropati.

Penyakit Neuropati, Neurobion dan Kesemutan ini berhubungan dengan saraf, jangan dianggap sepele karena seseorang bisa putus sarafnya dan menjadi penyakit yang serius.

Apa Saja Gejala dari Neuropati tersebut ?

Tidak ada akibat jika tidak ada sebab maka hal ini juga terjadi pada penyakit neuropati. Biasanya neuropati ini kebanyakan terjadi pada orang berumur 26-30 tahun tentu saja hal ini sangat menggantu aktivitas yang kita lakukan. Jadi ada beberapa gejala dari neuropati tersebut di antaranya adalah :
1. Kram
2. Lemah Otot 
3. Kesemutan
4. Mati rasa atau kaku otot
5. Kebas atau baal
6. Rasa terbakar
7. Kehilangan kontrol pada kandung kemih
8. Kulit mengkilap dan rambut rontok
9. Kecemasan
10. Sering buang air kecil
11. Sensitif bila disentuh.

Tidak menutup kemungkinan orang yang berumur 26 tahun ke bawah tidak terkena neuropati tersebut karena semua orang bisa terkena neuropati ini. Cegah dari sekarang sebelum terlambat dan jangan sampai hari tua Anda mengalami neuropati dengan trauma saraf. Terutama mereka yang terkena diabetes dan juga kekurangan vitamin neutropik (B1, B6 dan b12).

Apa Saja Aktivitas yang Bisa Menggangu dan Menyebabkan Neuropati ?
Banyak sekali orang yang tidak menyadari apa saja yang dikerjakan ternyata bisa menggangu waktu aktivitas kita. Sebagai contohnya ketika Deadline sudah di depan mata dan kita harus mengurus ini dan mengurus itu tapi malah neuropati menyerang lalu siapa yang akan rugi? tentu saja kita yang terkena Neuropati, Neurobion dan Kesemutan tersebut. Sungguh-sungguh hal yang serius untuk dicegah. 

Berikut ini ada beberapa aktivitas yang harus kita ketahui supaya tidak terjadi neuropati terhadap Anda terutama diri saya sendiri :
1. Bermain gadget yang terlalu berlebihan.
2. Mengetik tanpa henti sehingga membuat jari-jari merasakan lelah dan kram.
3. Memasak tanpa henti.
4. Mengendari motor dalam keadaan yang kaku sehingga memicu saraf bekerja abnormal.
5. Menggunakan Highhell atau sepati yang tidak biasa digunakan.
6. Tidur secara sembarangan sehingga tangan menjadi kram.
7. Terlalu lama duduk diam
8. Kurang tidur
9. Terlalu banyak mengkomsumsi gula.


Apa Ada Jenis-Jenis Neuropati Tersebut ?
Tentus saja ada karena penyakit tersebut disorot serius dan karena banyak di usia lanjut yang terkena. Jadi mari kita ketahui bersama apa saja jenis jenis Neuropati, Neurobion dan Kesemutan tersebut.

1. Neuropati perifer    : Neuropati jenih ini menyangkut semua saraf yang ada di tubuh kita karena biasanya saraf itu beratda di otak dan juga urat saraf tulang belakang ternyata ternyata bisa juga di seluruh tubuh. Neuropati perifer ini dapat menjadi pengganggu ringan atau juga kelemahan yang melumpuhkan. Nah, biasanya gejala yang biasanya dirasakan dari neuropati perifer ini adalah kesemutan, pegal, mati rasa atau rasa seperti terbakar pada kaki dan jaru kaki, serta dapat pula dialami pada tangan dan jari tangan. Hati hati bagi Anda yang diabetes, cedera mendadak atau meminum minuman yang beralkohol karena bisa menyebabkan penyakit ini datang.

2. Neuropati Otonom      : Biasanya neuropati ini mempengaruhi sistem saraf non-sensorik (sistem saraf otonom) yang mempengaruhi sebagian besar organ internal seperti otot-otot kandung kemih, sirkulasi darah, keringan, saluran pencernaan dan organ kelamin. Biasanya jenis neuropati ini dialami oleh orang yang terkena penyakit diabetes melitus.

3. Mononeuropati            : neuropati ini merupakan jenis yang mempengaruhi saraf tunggal. Beberapa penyebabnya antara lain cedera langsung ke saraf, gangguan suplai darah (iskemia) dan juga peradangan. Gejala yang terjadi akibat kondisi ini biasanya muncul secara mendadak. Gejala yang muncul akan tergantung pada saraf mana yang mengalami gangguan, misalnya Bell's palsy atau kelemahan di salah satu sisi wajah dan jari tangan yang tiba-tiba melemah.

4. Polineuropati         : Nah jenih ini biasanya menyerang penderita diabetes loh. Gejalanya antara lain adalah rasa nyeri yang terjadi secara tiba-tiba pada kaki, pusing ketika berdiri dan juga susah buang air kecil. Sungguh hal yang berbahaya sekali.

5. Neuropati kranial      : Jenis ini merupakan jenis Neuropati, Neurobion dan Kesemutan yang terjadi akibat kerusakan pada salah satu dari 12 saraf kranial (saraf tulang belakang bagian atas). Salah satu gejalanya adalah pendengaran yang tidak berfungsi secara baik.

Apakah harus mengkomsumsi B Kompleks untuk mencegah Neuropati ?
Tentu saja donk, Mungkin sahabat sekalian bingung makanan apa saja yang mengandung vitamin B komplek tersebut bukan ? Tenang saja Kami akan memberitahu Anda. Berikut ini ada beberapa maknaan yang mengandung vitamin B kompleks.

1. Jamur   : Mungkin sebagian orang pernah memakan jamur, tapi ingat ya jangan memakan sembarangan jamur karena sebagiannya ada yang beracun. Nah jamur mengandung Vitamin B1 (Thiamin), B2 (Riboflin), B3 (Niasin) dan B6. 

2. Keju        : Keju yang sering kita makan tersebut ternyata mengandung Vitamin B12 dan juga mengandung kalsium, protein yang berfungsi untuk mengatur kadar homosistein dalam darah. Biasanya kita memakannya dengan  kue yang sudah diolah dengna keju.

3. Kacang-kacangan    : Sering memakan kacang ? Nah, ternyata kacang mengandung vitamin B dan tinggi dengan lemah baik untuk cocok untuk dikomsumsi.

4. Daging Merah    :  Nah, daging ternyata mengandung vitamin B kompleks yang banyak sekali mulai dari Vit B2, B3, B6 dan juga B12. Anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks ini di daging kambing, sapi, domba, kelinci dan juga ayam.

5. Ikan salmon      : Mungkin sebagian orang jarang memakan ikan salmon, ternyata ikan salmon mengandung vitamin B12 yang menyediakan 9.0 Ug untuk setengah fillet yang berfungsi memperkuan sistem saraf dan juga otak

6. Buah pisang    : Di dalam pisang tersebut terdapat vitamin B6 yang biasanya disebut dengan nama piridoksin. Vitamin B6 diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah untuk pertumbuhan sel-sel baru.

7. Kepiting    :  Di dalam kepiting yang kita makan ternyata terdapat nutrisi yang cukup besar seperti protein, vitamin B1 dan B12 yang berperan penting untuk kesubuhran sel kulir dari keriput menjadi bagus.

Apa Tips Untuk Mencegah Terjadinya Neuropati ?
Semua hal itu pasti punya tipsnya, nah tips untuk kita semua supaya tidak terkena Neuropati ini antara lain adalah sebagai berikut ini :

#Berolahraga secara teratur
dengna berolahraga secara teratur membuat badan semakin bugar dan juga mengurangi rasa sakit atau kram dan meningkatkan kekuatan otot serta membantu mengendalikan kadar gula darah, seperti olahraga renang ataupun lari maraton.

#Atur pola makan agar lebih baik lagi.
Kita seringkali makan makanan yang instan atau makanan yang tidak baik, jadi sahabat sekalian harus mengatur pola makan yang baik seperti 4 sehat 5 sempurna yang sudah diajarkan kepada kita semuanya.

#Jangan sampai kagar gula darah kita tinggi.
Penyakit diabetes akan rentan terkena neuropati ini, jadi sayangi keluarga kita mulai saat ini dan jangan sampai berlebihan dalam memakan makanan yang manis-manis.

#Membatasi untuk mengkomsumi minuman beralkohol
Meminum alkohol dapat menyebabkan terjadi saraf yang rusak, jadi sebisa mungkin untuk mengurangi mengkomsumsi minuman beralkohol.

#Mengkomsumsi vitamin Neutrotropik (Vitamin B1, B6 dan B12) yang berfungsi untuk melindungi dan meregenerasi saraf sehingga dapat bekerja dengan baik. Komsumsi satu kali dalam saraf sehingga dapat bekerja dengan baik.

Setelah mengetahui apa itu neuropati hingga mengetahui bagaimana caranya mencegah penyakit tersebut supaya tidak sampai kita dapatkan Maka kita akan kembali kepada pertanyaan pada cetakan huruf yang besar tersebut. Neuropati Mengintai ? Ayo Kita Lawan Bersama-sama Kawan

SUDAH SIAP ? #LAWANNEUROPATI

Silahkan jawab dengan jujur pertanyaan ini dan jika Anda bertanya kepada saya sebagai blogger yang menuliskan artikel ini maka saya akan katakan "SIAP", untuk melawan neuropati tersebut. Hidup sehat aktivitas lancar dan badan segar bugar senyumpun kembali dengan ceria kepada orang yang ada di sekitar kita.

Sebagian rujukan artikel di ambil dari :

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net